Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Sejarah Aceh - Usul Kampung Blower

Asal Usul Kampung Blower

Asal Usul Kampung Blower


Peucut terletak pada kampung Blower di Kota Banda Aceh. Dan jika ditarik sejarahnya kalau orang menceriterakan “Peucut” dengan sendirinya orang tak boleh melupakan kebon “Belower” yang berasal dari nama seorang Yahudi, yakni BOLCHOVER, pada awalnya adalah “Padang Nalueng lakoe” (alang-alang). Ketika Belanda datang, mereka menjadikan daerah ini menjadi lapangan pemeliharaan dan perawatan kuda-kuda peperangan (Kavaleri), kemudian dibeli oleh tuan Bolchover untuk seterusnya menjadi kompleks perkebunan,  masih samar-samar perkebunan apakah gerangan yang kini telah meninggalkan nama dengan sebutan yang populer “Belowor” atau “Belower”, nama ini terdapat pula di Meulaboh (Aceh Barat) karena disanapun terdapat apa jang dinamakan “kebon Belowor”, sebelumnya dikenal dengan nama kebun Sam Su Lo.

Nama-nama serdadu Belanda yang tewas di Aceh tertulis pada dinding dekat gerbang pintu masuk “erepoort” Peucut Kerkoff yang terletak dikampung Blower (sekarang).

Pada masa lalu kebon Belowor memiliki konotasi yang sangat negatif. Bila orang menyebutkan nama tersebut, orang langsung menghubungan sebutan itu dengan hal-hal berkaitan dengan sex liar, tetapi syukurlah sekarang ini di kampung Blower itu telah terdapat masjid sebagai pusat pertemuan dan keagamaan masyarakat perkampungan tersebut.

Posting Komentar untuk "Sejarah Aceh - Usul Kampung Blower"