Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Sejarah Aceh - PAX MALAYA DIMASA ISKANDAR MUDA

PAX MALAYA DIMASA ISKANDAR MUDA

PAX MALAYA DIMASA ISKANDAR MUDA

Pasca penaklukan besar besar Aceh atas Johor tahun 1564 raja Aceh melantik putra Sultan Alaidin sebagai raja Johor yang kedua. 

Pada tahun 1589 Sultan Ali jalla memindahkan ibukota johor ke batu sawar. Ia juga mengutuskan duta ke Malaka untuk berdamai pada tahun 1593.komplik Aceh dengan johor semakin meningkat akibat terbunuh nya tengku Asem di Aceh. Sepeninggal Sultan Ali jalla Sultan johor di ganti oleh Tengku Mansyur dengan gelar Sultan Alaidin Riayatsyah III. 

Ketika Iskandar Muda naik tahta tahun 1607 perseteruan Aceh dengan Portugis semakin membuncah. Di masa Iskandar muda lah Aceh mengalami masa keemasan. Namun di seberang perairan Aceh Portugis berhasil membangun aliansi bersama kesultanan di semenanjung melayu spt Johor dan patani. Aliansi itu membuat Aceh gusar untuk memecah kekuatan gabungan itu Iskandar muda mengelar kan kampanye penaklukan kesultanan di semenanjung Melayu sebelum menyerang Malaka. 

Penaklukan itu merupakan langkah utama guna menghentikan pengaruh Portugis yang sejak tahun 1511 bercokol di Malaka. Latar Belakang Iskandar muda menyerang kerajaan di semenanjung adalah karena kerajaan kerajaan itu kerap mengadakan hubungan dengan Portugis. Naik nya Iskandar muda mengembankan misi besar bengembalikan independensi Aceh yang bertalian erat dengan pembebasan Malaka. 

Untuk membuat Aceh berjaya  di darat dan di laut, untuk mencukur Portugis malaka, berdiri setgar kolosus, menguasai malaka adalah termasuk misi utama dalam kebijakan nya(Ak dasgupta) 

Penaklukan kerajaan di semenanjung dimaksud untuk memudah kan penyerangan secara besar besaran terhadap malaka(NJ ryan sejarah semenanjung melayu 1966 oxford univ) 

Pada tahun 1618 Sultan iskandar muda mengirim armada laut dengan kekuatan 17000 tentara menuju Pahang.dan Sultan pahang bersama 10000 rakyat dan pembesar kerajaan di bawa ke Aceh setelah kota nya di luluh lantakkan. (history of pahang w linehan) 

Selanjut nya pada tahun 1619 Iskabdar muda dan pasukan nya menyasar Kedah dan Pattani. Dalam pertempuran itu Kedah bersekutu dengan Pattani. Namun kedua kerajaan itu di pukul mundur oleh tentara Aceh. Di kedah Tentara Aceh membumi hangus kan tanaman tanaman lada yang akan di jual ke Portugis. Sultan kedah bersama 4000 rakyat nya senasib dengan Pahang yakni di bawa ke Aceh. Tahun berikut nya giliran Perak mengalami nasib yang sama setelah ibukota dikuasai,5000 rakyatnya di bawa ke Aceh sebagai tawanan(de europers in de maleische archipel. pA Tiele) 

Kemudia tahun 1635 Sang sultan perkasa Alam ini melakukan serangan atas Pahang. Kota pahang hancur dan banyak rakyat nya ditawan. Penyerangan Pahang dilatar belakangi karena Pahang membantu Portugis  sewaktu Aceh menyerang Malaka tahun 1629. Permusuhan dengan Pahang baru berhenti ketika putra pahang menjadi Sultan Aceh dengan gelar Iskandar tsani alias Raja mughal.

Kampanye Iskandar Muda di semenanjung menurut catatan Linehan total tawanan dari kerajaan tersebut berjumlah 22.000 orang di bawa ke Aceh. 

Iskandar Muda berhasil menguasai hampir seluruh dunia melayu. Tercatat Pahang Pattani perak, siak, indragiti, Riau,lingga dan sebelah selatan  berdasar surat Iskandar muda kepada Raja inggris, Palembang dan Jambi termasuk kota pelabuhan spt Pariaman, tiku, Salida, dan Indrapura masuk dalam teritorial Kerajaan Aceh. 

Pelan namun pasti Aceh mendominasi perdagangan rempah mengantikan posisi Malaka sebagai pusat perdagangan. Pada saat itu Aceh menjadi kerajaan super power yg berhasil menciptakan PAX Malaya di Asia tenggara

Dithun yabg sama ketika Aceh menyerang Pahang. Aceh juga menghadapi Portugis dengan menyerang Malaka.ekpedisi penaklukan malaka dengan kekuatan 235 buah kapal dan 20.000 prajurit dibawah pimpinan dua panglima laut yang paling terkenal yakni Orang kaya laksaman  dan Orang kayaRaja lela setia. Untuk menghadapi dua panglima Aceh tersebut Portugis menunjukkan Diogo lopes de fonseco meledeni kekuatan Aceh. 

Perang pun pecah dengan dasyat nya di laut selat Malaka. Awal nya keberuntungan memihak kepada Aceh. Portugis kalah dan tercerai berai. Yang tersisa melarikan diri mencari bala bantuan. 

Laksamana Aceh berhasil menembus sungai panggur dan menghujani St John dengan meriam. Pertahanan portugis porak poranda. Yang lolos melarikan diri ke gereja madre de dios di puncak bukit. Di gereja ini lah de fonceso bertahan dari serangan Aceh yang dilancar kan dari St John. 

Dan dalam serangan itu Fonceso pengalami luka luka parah.kepemimpinan di serah kan kepada Fransisco de maya. Tentara Aceh berhasil mengusir portugis dari reruntuhan geteja tersebut dan berhasil mempertahan kan nya selama dua bulan. 

Dari tempat itu Aceh terus bergerak menekan portugis sampai ke benten A formosa. Sejarah mencatat pengepungan ini memakan waktu yang cukup lama. Ketika armada Aceh berkonsentrasi di st Paul.,armada pahang yang sdh menjadi sekutu portugis dengan cepat memukul Aceh dari pantai Malaka

Armada bantuan portugis dan Pahang berusaha  mendobrak pertahanan Aceh di bibir pantai. Pertempuran sengit kembali terjadi. Aceh berhasil mengimbangi kekuatan koalisi musuhnya sampai kedatangan bala bantuan portugid dibawah pimpinan Nuno alvarez bethelho, guvernur portugis untuk Goa

Nuno alvarez Bethelho memimpin sendiri pasukannya, ia memperkuat Pahang yg saat itu sedang di hantam oleh tentara laut Aceh. Perang panjang ini membuat tentara Aceh klelahan dan bala bantuan dari Aceh pun tidak kunjung datang. 

Hasil nya tentara musuh berhasil mematahkan perlawanan Aceh. Aceh kalah dan panglima nya Orang kaya raja setia lela gugur dan orang kaya laksaman mundur teratur ke hutan. Perjuangan Aceh di tanah malaka dinyatakan usai saat tokoh terakhir ini berhasil diringkus musuh dan malaka kembali ketangan portugis. Konon perperangan ini adalah perperangan terbesar dalam sejarah yang digelar Aceh. Dan banyak mengorban kan harta benda dan kas kerajaan semakin menipis. 

Konon juga sang Laksamana yang berhasil ditangkap di bawa ke lisboa untuk di paner kn kepada raja portugis.,ditengah laut sang laksamana berhasil melarikan diri ke laut sehingga gagal di bawa kehadapan Raja portugis.(sumber prof dien majid. Catatan pinggir sejarah Aceh. Dan memeta masa lalu aceh.  berbagai sumber lainnya)

Posting Komentar untuk "Sejarah Aceh - PAX MALAYA DIMASA ISKANDAR MUDA"