Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Sejarah Aceh - Manuskrip Teungku Raqna Keumala binti Tuanku Hasyim Bangta Muda

 
Manuskrip Teungku Raqna Keumala binti Tuanku Hasyim Bangta Muda

Manuskrip Teungku Raqna Keumala binti Tuanku Hasyim Bangta Muda

Manuskrip ini berjudul  " Masaill al-Muhtadi li Ikhwan al-Mubtadi " Karya terkenal Syaikh Baba Daud ibn Agha Musthafa ibn Agha Ismail Al-Jawiy Ar-Rumy - Murid Syaikh 'Abdurrauf ibn 'Ali Al-Jawiy Al-Fanshury. 

Manuskrip ini sebagaimana ditulis pada sampulnya  merupakan milik dari salah satu dari keluarga Kesultanan Aceh Darussalam pada penghujung abad ke-19 M. Ia adalah Teungku Ratna Keumala binti Tuanku Hasyim Bangta Muda (w. Padang Tiji 1314 H), atau adik dari Syaikh Musa bin Hasyim yang masyhur dengan Tuanku Raja Keumala (wafat di Gampong Keudah). 

Dalam salah satu silsilah yang ditulis pada salah satu halaman manuskrip yang diberikan cap Tuanku Musa bin Tuanku Hasyim silsilahnya berbunyi: Tuanku Raja Keumala dan Teungku Raqna Keumala anak Seri PadukaTuanku Hasyim Bangta Muda bin Tuanku Qadir bin Tuanku Raja Cut bin Sultan 'Alauddin Mahmud Syah Ibn Sultan 'Alauddin Johan Syah bin Sultan 'Alauddin Ahmad Syah bin 'Abdurrahim Syah. Kitab tersebut ditulis oleh Tuanku Raja Keumala pada saat beliau berada di medan jihad di Alue Keutapang, dekat Samalanga pada tahun 1315 H. Manuskrip ini sekarang tersimpan di Museum Aceh. 

Teungku Raqna Keumala juga diketahui adalah istri dari pahlawan besar Aceh yaitu, Seri Muda Perkasa, Panglima Polem Muhammad Daud, Panglima Mukim XII 

Sebagaimana karya-karya Tuanku Raja Keumala yang kami temukan tercecer dibeberapa tempat, tulisan (khat) pada sampul khat ini diyakini adalah tulisannya untuk menandakan kepemilikan (Shahib) kitab adiknya Teungku Raqna Keumala. 

Manuskrip Teungku Raqna Keumala binti Tuanku Hasyim Bangta Muda


Pada Sampul kitab tersebut berbunyi :

" Hak Teungku Raqna Keumala binti al-Marhum Hadharat Tuanku Hasyim Bangta Muda ibn al-Marhum Tuanku 'Abdul Qadir Ghafarallahu lahum, Amin."

Manuskrip ini ditemukan oleh Masykur Syafruddin (Luengputu Manuskrip Aceh) Direktur PEDIR Museum di Cunda, Lhoksumawe pada 16 Februari 2017.  Pada tahun yang sama manuskrip ini telah menjadi koleksi penting PEDIR Museum. 

Manuskrip : Pedir Museum

Foto Teungku Raqna [Ratna] Keumala : Koleksi Tropen Museum " Vrouw van Teukoe Panglima Polim te Sigli"

Punge Blang Cut, 26 Sya'ban 1441 H.

Posting Komentar untuk "Sejarah Aceh - Manuskrip Teungku Raqna Keumala binti Tuanku Hasyim Bangta Muda"